Ad Code

Responsive Advertisement

PERSYARATAN WAJIB SEBELUM MENDAFTAR INFORMASI TERBARU PENDAFTARAN CPNS 2019

Informasi dan pendaftaran CPNS akan segera diselenggarakan serentak tahun ini 11 November 2019. Peserta diharapkan bersiap siap untuk mengikuti serangkaian pendaftaran online yang akan di selenggarakan pada tanggal tersebut.

Pendaftaran dapat dilakukan melalui situs sistem seleksi calon aparatur sipil negara yang dikelola badan kepegawaian Negara di sscn.bkn.go.id

Kepala biro humas badan kepegawaian negara (BKN) Mohammad Ridwan mengungkapkan ada beberapa persyaratan yang perlu di siapkan oleh calon pendaftar. Adapun pesyaratan terbaru untuk pendaftaran CPNS kali ini yaitu sebagai berikut.

1. Pindai atau scan KTP asli
2. Foto
3. Ijazah 
4 Transkrip Nilai

Beberapa hal yang perlu diketahui calon peserta sebelum mendaftar berikut paparannya

Formasi Kebutuhan Daerah
pada tahun ini formasi yang dibuka pemerintah mencapai 152.286 formasi dengan rincian pemerintah pusat 37.425 pemerintah daerah. sementara untuk instansi daerah yaitu 114.861 formasi pada 462 pemerintah setiap daerah.

Ada formasi  Dua yang dibuka yakni, Formasi umum dan formasi khusus. untuk formasi khusus yaitu ditujukan untuk calon peserta Cumlaude, Diasporas, dan disabilitas serta formasi khusus untuk Putra Putri Papua.

Untuk Persyaratan Umum yang berlaku di antaranya
Usia pendaftar Maksimum 35 tahun. sementara untuk pendaftar S-3, Dokter spesialis maupun Doketer Pendidik yaitu 40 tahun

Melansir ulang pendaftaran CPNS akan segera dibuka pada 11 November 2019 artinya kurang dari sepekan lagi. proses pendaftaran CPNS secara online ini akan berakhir pada 24 November 2019.

Selanjutnya pelamar melakukan pengunggahan sejumlah dokumen persyaratan dan di lakukan verivikasi dokumen mulai tanggal 13 november 2019

Setelah tahap pendaftaran beerakhir, akan di lanjutkan dengan pengumuman hasil seleksi administrasi pada 16 desember 2019.

Tahap selanjutnya yaitu pengumuman tentang pelaksanaan seleksi kompetensi bidang (SKB) pada bulan yang sama, serta di lanjutkan dengan integrasi nilai SKD dan SKB yang akan dilakukan April 2020
Sebagai catatan waktu dapat besuba sewaktu waktu 
Adpun Kabar gembira bagi pelamar yang pernah mengikuti seleksi tahun lalu untuk yang tidak lulus pada tahap akhir, diberikan ke istimewaan. Mereka yang masuk katagori P1/TL diberikan kesempatan untuk menggunakan nilai terbaik antara nilai SKD 2018 dan SKD 2019 Sebagai acuan dasar untuk mengikuti SKB selanjutnya. 
Namun diharuskan mengikuti aturan, data peserta P1/TL didasarkan pada basis data yang telah tersimpan didalam SSCASN BKN. para pendaftar wajib mendaftar kembali di laman SSCASN menggunakan NIK yaang sama, serta melakukan pengunggahan dokumen persyaratan yang di tentukan oleh instansi yang di lamarnya.

Menurut Suherman, sistem SSCASN BKN akan menampilkan kembali data pelamar P1/TL adapun yang di tampilkan
1. Kualifikasi pendidikan
2. Nilai SKD tahun 2018
3. Status masuk atau tidak pada 3 kali formasi jabatan yang di lamar sebelumnya
4. Status Lulus atau tidak sampai pada tahap akhir seleksi CPNS Tahun 2018 lalu.

Pelamar dari P1/TL kemudian memilih jabatan dan jenis formasi yang akan di lamar kata "Suherman". Sebagai catatan, pelamar P1/TL selanjutnya harus memilih untuk mengikuti SKD 2019 pada SSCASN. bila pelamar memilih mengikuti SKD 2019 namun tidak mengikuti prosesnya maka akan langsung dinyatakan gugur. Selain itu jika pelamar memilih untuk tidak mengikuti SKD 2019, maka nilai yang digunakan adalah nilai tahun lalu.

Sekian informasi yang dapat di sampaikan jangan lupa untuk update selalu perkembangannya bagi para calon pendaftar tes CPNS tahun 2019.


Reactions

Post a Comment

0 Comments