Ad Code

Responsive Advertisement

BAHAYA PENGARUH MUSIM HUJAN TERHADAP IKAN KOI

Musim hujan merupakan hal yang banyak di khawatirkan oleh penghobi atau pembudidaya khususnya ikan koi. dimana musim hujan memiliki dampak buruk terhadap kelangsungan hidup ikan koi. Dampak musim hujan ini dapat menyebabkan timbulnya penyakit hingga menyebabkan kematian ikan koi.

bagi penghobi atau pembudidaya ikan koi perlu melakukan proteksi khusus dalam menghadapi masalah ini.
Bagi pemilik ikan KOI yang dipelihara dikolam terbuka (outdoor) masalah hujan akan menjadi masalah tersendiri. Banyak orang berpendapat bahwa hujan tidak berpengaruh terhadap kesehatan ikan di kolam sementara sebagian orang berpendapat bahwa air hujan sangat berpengaruh terhadap parameter air





Berikut kita simak apa saja sih dampak atau pengaruh air hujan terhadap ikan koi
Dampak negatif hujan yang sering muncul secara visual adalah sebagai berikut,

1. Terjadinya Penurunan pH air kolam
Pada PH dibawah 5 ikan akan mulai stress dengan ciri-ciri malas bergerak dan kehilangan nafsu makan. pH yang ideal dan di anjurkan dalam memeilhara ikan koi yaitu pH 7 (netral), untuk pH yang aman berada pada rentang pH 6,9 - 7,9) tetapi lebih di anjurkan berada di ambang batas pH 7,0.

2. Menurunnya Daya Tahan Tubuh Ikan (imunitas)
Daya tahan tubuh ikan akan turun drastis, disebabkan ikan mengalami penurunan nafsu makan sehingga penyerapan nutrsi menurun pula.

3. Meningkatnya kadar Asam Pada Suasana Aie Kolam
Pada kondisi asam ini bakteri-bakteri patogen mulai muncul. bakteri dapat berkembang dengan pesat pada kondisi air yang memiliki salinitas rendah. hal ini dapat menyebabkan  Ikan mudah terserang penyakit yang diakibatkan oleh bakteri dan jamur. sehinggah dapat menyebabkan mulai banyak yang mati.


Berikut ini hal yang dapat menghindari dampak buruk air hujan, kita dapat melakukan beberapa langkah berikut,
  1. Hindari tumpahan air hujan dalam volume besar masuk langsung kedalam kolam seperti air dari talang atau tritisan.
  2. Buat sistem overflow yang baik dan memadai, hal ini ditujukan supaya air hujan yang berada dipermukaan dapat disalurkan langsung keluar kolam.
  3. Lakukan pengukuran PH sehabis hujan, jika dijumpai kondisi PH dibawah ambang batas segera lakukan penggantian air secara bertahap sampai dicapai PH yang normal kembali, atau bisa juga diberikan bahan yang bersifat alkali seperti kapur (CaO, CaCO3) atau Backing Soda
  4. Kurangi pemberian pakan dimusim hujan dengan maksud mengurangi keasaman akibat dari kotoran organik ikan yang menumpuk.
Untuk tips lebih jelasnya kami berikan penjelasan dampak air hujan terhadap ikan koi melalui channel youtube kami. jangan lupa dukung dengan cara kilk subscribe, like and share.


Sekian tips dari kami semoga dapat mencegah sebelum terjadi hal yang tidak di inginkan terhadap ikan kesayangan anda, salam koi untuk persahabatan.







Reactions

Post a Comment

1 Comments