Ad Code

Responsive Advertisement

Faktor Penyebab Lambatnya Pertumbuhan ikan Nila, Petani Mengalami Penurunan Omset Panen Ikan Nila

Di indonesia ikan nila merupakan jenis ikan konsumsi yang banyak di gemari. Rasa ikan nila yang nikmat dan gurih dan memiliki nilai konsumsi yang lumayan tinggi di Indonesia. Namun tahukah anda banyak petani atau pembudaya ikan nila untuk pangsa pasar konsumsi, mengalami penurunan sehingga tidak mampu mencukupi kebutuhan pasar yang semakin meningkat setiap harinya.

Berikut kami akan menjelaskan beberapa faktor penyebab lambatnya pertumbuhan ikan nila yang mengakibatkan kebutuhan pasar sering tak tercukupi.

1. Memilih Indukan yang berkualitas
Maksudnya memilih indukan yang berkualitas yaitu memilih indukan yang jumbo sehingga dapat di prediksi anakan dari induk tersebut memiliki kualitas serta bakat jumbo pula. karena ikan nila untuk konsumsi yang di prioritaskan adalah Dagingnya yang tebal serta ukurannya yang besar.

2. Perhatikan Suhu dan pH air
Dianjurkan selalu untuk mengontrol suhu dan pH air karena kualitas air sangat mempengaruhi pertumbuhan serta kesehatan dari ikan nila. Suhu air yang terlalu rendah menyebabkan benih ikan nila malas makansehingga menyebabkan kebutuhan gizi serta nutrisi tidak terpenuhi. Serta jika pH air terlalu asam menyebabkan mudah berkembang biaknya virus bakteri parasit penyebab penyakit, sehingga ikan nila akan sangat rentan terkena penyakit dan tak jarang banyak mengalami kematian. hal ini sangat berpengaruh terhadap turunnya omset panen oleh petan atau pembudidaya ikan nila.

3. Berikan Pakan Yang Berprotein Tinggi.
Pakan yang diberikan sebaiknya mengandung protein antara 35 - 38%. Protein disini adalah faktor utama penunjang pertumbuhan ikan nila. Pakan berprotein tinggi tidak harus dengan pakan pelet yang mahal. Banyak pakan alami yang berpprotein tinggi yang wajib anda coba, midalnya Bloodworm (cacing darah), Magot, sayur sayuran dan banyak lagi.



4. Tebar benih dengan ukuran Seragam
Usahakan menebar benih ikan nila dengan ukuran yang seragam, jika kita tebar dengan ukuran yang bervariatif akan menyebabkan terjadinya kompetisi dalam perebutan pakan. untuk ikan yang kecil akan tetap kecil karena kalah dalam perebutan pakan. jadi usahakan untuk menebar benih dengan ukuran seragam. serta rajin rajin lah melakukan sortir tiap bulannya untuk memisahkan ikan yang pertumbuhannya yang variatif

5. Berikan Suplai Oksigen atau 
Oksigen disini berperan penting agar ikan tidak mengambang di permukaan serta dapat  menambah suplay oksigen yang terlarut di dalam air.


Jadi itu adalah beberapa faktor yang perlu anda lakukan untuk mencegah lambatnya pertumbuhan ikan nila
Reactions

Post a Comment

2 Comments