Ad Code

Responsive Advertisement

Cara Menurunkan Kadar Kolestrol Tanpa Konsumsi Obat

Kolesterol yang kemudian disebutkan sebagai penyakit ini adalah keadaan di mana kadar kolesterol dalam darah yang melampaui kadar normal. Kolesterol kini merupakan salah satu penyakit yang mudah ditemukan pada masyarakat. Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh menjadi pemicu timbulnya berbagai jenis penyakit yang dapat berbahaya bagi tubuh.

Untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh sebenarnya enggak harus melulu melalui obat-obatan. Sebab, masih banyak kok cara menurunkan kolesterol lainnya yang bisa kamu coba. Nah, berikut beberapa caranya.

Mulailah mengurangi makanan tinggi lemak jenuh, seperti gorengan, dan perbanyak makan makanan sehat seperti buah dan sayur. Ya. Ada banyak buah yang bisa membantu menurunkan kolesterol. Tingginya kadar kolesterol dalam darah lama kelamaan menyebabkan lemak menumpuk dan mengeras di dinding pembuluh darah. Pada akhirnya, plak lemak ini akan mempersempit pembuluh darah sehingga darah tidak bisa mengalir dengan lancar. Penyempitan pembuluh darah inilah yang meningkatkan risiko seseorang terkena serangan jantung dan/atau stroke. Buah-buahan mengandung serat yang larut air. Serat larut air dapat mengikat asam empedu, sehingga dapat menurunkan penyerapan lemak dan kolesterol dalam darah. Salah satu jenis serat larut yang terbukti dapat menurunkan kolesterol hingga 10% adalah pektin.

Lawan Kolestrol Lewat Makanan
Cara menurunkan kolesterol tanpa obat sebenarnya enggak ribet kok. Kita bisa memilih cara paling sederhana, yaitu rutin mengonsumsi makanan penggempur kolesterol. Nah, berikut contohnya:



1. Alpukat
Hasil studi dari Penn State University mengungkapkan, orang yang mengonsumsi alpukat setiap hari, kadar kolesterolnya menurun dibandingkan dengan mereka yang enggak mengonsumsinya.

2. Probiotik
Studi dalam American Journal of Clinical Nutrition menyatakan, wanita yang rutin makan yoghurt dengan kandungan probiotik selama lebih dari 12 minggu, kadar kolesterolnya menurun dalam jumlah yang cukup signifikan.

3. Oatmeal
Cara menurunkan kolesterol juga bisa melalui konsumsi oatmeal. Bubur gandum ini kaya serat larut yang bisa menurunkan kadar kolesterol LDL. Serat larut juga bisa kamu temukan pada apel, pir, dan buah prune. Serat jenis ini diyakini bisa menurunkan penyerapan kolesterol dalam pencernaan kamu.

4. Teh hijau
Teh ini kaya akan senyawa penting yang bisa membantu kamu untuk mengatasi masalah kesehatan. Menurut studi, secangkir teh hijau yang baru diseduh cukup efektif untuk menurunkan kolesterol LDL.

5. Jus Anggur
Jus ini bisa menjadi cara menurunkan kolesterol tanpa obat. Jus anggur mengandung antioksidan, seperti piceatannol dan resveratrol. Tak cuma itu, anggur juga mengandung flavonoid yang bertindak sebagai antioksidan. Nah, untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, cobalah konsumsi jus anggur minimal sehari sekali secara rutin.

6. Brokoli
Sayuran ini kaya serat yang bisa bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Di samping itu, brokoli juga bisa membantu tubuh dalam proses detoksifikasi secara alami.

Sebuah penelitian pernah membuktikan bahwa pola makan sehat bekerja sebaik statin dalam menurunkan kolesterol jahat. Dean Ornish yang mendirikan Preventive Medicine Research Institute di Sausalito, California, membuktikan bahwa pendekatan pola makan sehat dipadu dengan olahraga, pengurangan stres, dan dukungan sosial bisa menurunkan kolesterol jahat hampir 40 persen dan menyebabkan plak di pembuluh arteri mengecil. Olahraga juga komponen penting dalam pengendalian kolesterol. Olahraga teratur selama 12 minggu bisa meningkatkan kolesterol baik (high density lipoprotein/HDL) antara lima hingga 10 persen. Bukan hanya itu, trigliserida dan tekanan darah juga bisa diperbaiki dengan olahraga.

Reactions

Post a Comment

0 Comments