Ad Code

Responsive Advertisement

CARA MENURUNKAN KADAR ASAM URAT TANPA MINUM OBAT INI RAHASIANYA

Pertama perlu kita ketahui apa itu asam urat ?

Asam urat adalah penyakit yang menimbulkan pembengkakan, peradangan bagian tubuh, serta rasa sakit yang tiba tiba pada bagian sendi.


Adapun bagian tubuh yang sering terkena serangan asam urat yaitu pada Jempol kaki merupakan bagian yang paling sering terkena penyakit ini. Namun, tetapi penyakit ini juga dapat memengaruhi sendi lain di kaki, seperti lutut, pergelangan kaki, telapak kaki. Asam urat juga kadang terjadi di lengan, tangan, pergelangan tangan, dan siku. Tulang belakang juga bisa terkena meskipun jarang.

Apa saja gejala asam urat?
Dalam beberapa kejadian, penyakit asam urat tidak menunjukkan gejala apapun pada awalnya. Gejala biasanya mulai muncul ketika penderita sudah mengalami kondisi yang akut atau justru kronis. Gejala yang paling umum adalah:
  1. Nyeri sendi parah dan mendadak, yang sering pertama terjadi di pagi hari
  2. Sendi bengkak dan lunak
  3. Sendi kemerahan
  4. Rasa panas di sekitar sendi
Meski penyakit asam urat ini dapat menjadi penyakit kronis, kondisi ini bisa disembuhkan dan dicegah agar tidak kambuh. Kondisi ini dapat dikelola dengan mengurangi beberapa faktor gaya hidup dan tidak perlu harus mengkonsumsi obat asam urat
Baca Juga : Cara Menurunkan Kadar Kolestrol Tanpa Konsumsi Obat
Berikut adalah tips dan trik menyembuhkan asam urat tanpa mengkonsumsi obat

1. Banyak Minum 
Air diperlukan untuk membersihkan asam urat yang terbentuk di dalam tubuh. Ketika tubuh terhidrasi dengan baik, kristal asam urat menjadi sulit terbentuk. Seperti diketahui bahwa kristal-kristal tersebut yang dapat menyebabkan batu ginjal ataupun radang sendi Minumlah setidaknya 3-4 liter per hari untuk mengeluarkan asam urat dari tubuh. Tidak hanya air putih  Anda dapat menambahkan buttermilk, air kelapa, air lemon teh hijau, dll untuk meningkatkan asupan cairan secara keseluruhan

2. Kurangi asupan makanan tinggi purin
Asam urat dibentuk oleh pemecahan proteinyang disebut Purin. Meskipun, secara alami dibentuk oleh tubuh, namun pruin juga diperoleh dari makanan tertentu seperti daging merah, jeroan, seafood,  dan produk fermentasi. Makanan tersebut memang bermanfaat karena protein yang tinggi, namun bagi pengidap asam urat harus menghindarinya. Penuhi kebutuhan protein dengan makanan rendah peurin seperti susu, putih telur, ikan, dan sebagainya.

3. Makanan Berserat Tinggi
Makanan tinggi serat menyerap asam urat yang ada dalam darah dan dengan demikian dengan mudah menghilangkannya melalui ginjal. Sumber serat yang baik adalah buah-buahan, sayur dan biji-bijian. Namun beberapa jenis sayur ada yang mengandung purin tinggi, seperti bayam, kangkung, kol.

BACA JUGA : Ciri Ciri Orang Mengidap Bipolar Disorder


4. Kurangi asupan gula
Gula mengganggu ekskresi asam urat Sebuah penelitan menyebutkan bahwa asupan harian dari 300 ml porsi minuman manis meningkatkan kemungkinan kadar asam urat sebesar 13%.

5. Hindari asupan kafein dan alkohol 
Kafein dan produk yang mengandung kafein seperti kopi, teh, minuman bersoda, dan alkohol menghambat ekskresi asam urat dari aliran darah karena terbentuknya ikatan kimiawi. Jadi, jika ingin segera menurunkan asam urat jauhilah minuman atau makanan berkafein.

Seberapa umum penyakit asam urat?

Penyakit ini terjadi pada sekitar 1 dari 200 orang dewasa. Kondisi ini dapat memengaruhi semua orang, tanpa memandang usia dan jenis kelamin, tetapi pria lebih mungkin mengalaminya daripada wanita. Biasanya, penyakit ini terjadi pada kelompok usia 30-50 tahun pada laki-laki, sementara pada perempuan lebih banyak ditemukan pada mereka yang telah mengalami menopause. Sedangkan, kelompok usia remaja dan anak-anak sangat jarang mengalami penyakit ini.
Reactions

Post a Comment

0 Comments